Selasa, 08 Januari 2013


sistem emisi gas buang

Monday, June 18th 2012. | emisi gas buang


smoke from car

Artikelotomotif.info-Sistem kontrol emisi gas buang , digunakan untuk mengontrol jumlah atau kadar gas buang yang dikeluarkan oleh kendaraan. Karena gas buang banyak mengandung zat-zat berbahaya dan, dari mana gas emisi tersebut dihasilkan? Emisi gas buang dihasilkan dari sisa-sisa pembakaran dalam mesin atau disebut blow by gas, atau sisa gas pembakaran yang keluar dari celah antara piston dan dinding silinder, gas buang juga dihasilkan dari uap bahan bakar dalam tanki. Apa saja kandungan dalam emisi gas buang.
emisi gas buang

Gas dalam emisi gas buang

  1. CO (carbon dioksida)
Gas ini dihasilkan saat pembakaran kekurangan oksigen, pengaruhnya bagi kesehatan adalah  jika gas ini terlarut dalam darah saat kita menghirup maka bisa mengakibatkan kemampuan darah membawa oksigen akan berkurang dan bisa mengakibatkan kematian jika dihirup dalam kadar yang terlalu tinggi.
  1. HC (hidro karbon)
HC juga dihasilkan dari pembakaran yang tidak sempurna juga, beberapa hal yang bisa menimbulkan gas ini adalah: ketika suhu pembakaran rendah, gas dalam intake terhembus ketika valve timming overlap, gas HC akan timbul saat campuran udara dan bahan bakar kaya. Efek bagi kesehatan adalah bisa menimbulkan penyakit kanker dan fotokimiawi
  1. NOX(nitro oksida)
Gas ini dihasilkan oleh oksigen dan nitrogen dalam pembakaran, semakin tinggi temperature pembakaran semakin tinggi pula gas NOX yagn dihasilkan, apabila campuran udara dan bahan bakar tipis akan semakin banyak pula gas ini dihasilkan karena rasio oksigen dalam campuran terlalu tinggi. Jika terhirup bisa mengakibatkan iritasi pada hidung dan tenggorokkan.
Karena gas buang ini efeknya terhadap lingkungan dan kesehatan maka pemerintah membuat aturan yang cukup ketat mengenai gas buang ini dengan bekerja sama dengan produsen kendaraan, saat ini sudah menjadi trend bagi produsen untuk meningkatkan kwalitas produknya terhadap emisi gas buang dan efisiensi bahan bakar, atau bisa dikenal dengan istilah EURO 1,EURO 2 dan seterusnya semakin tinggi nilainya semakin kecil kadar emisi gas buangnya, dinegara luar sudah mencapai EURO 5, semoga dinegeri kita ini bisa segera menyusul.
Produsen juga telah mengaplikasikan beberapa teknologi untuk meningkatkan sistem emisi gas buang misal nya aplikasi teknologi VVT-i, TWC catalitic converter, carcoal carnistel dan masih banyak teknologi lain, atau juga dari perubahan-perubahan sederhana seperti bentuk piston atau kontruksi dari intake manifold yang intinya ingin menurunkan emisi gas buang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar