Selasa, 08 Januari 2013


KOPLING

Dalam sebuah kendaraan kopling menjadi sistem yang sangat vital dalam menentukan performa kendaraan, semua kendaraan menggunakan komponen sistem ini sebagai bagian dari sistem pemindah daya, yaitu yang menghubungkan tenaga mesin ke roda-roda, baik kendaraan bertransmisi manual atau automatic yang membedakan adalah kontruksi nya saja, namun fungsinya pada dasarnya sama. Dalam artikel kali ini akan membahas tentang sistem kopling dalam kendaraan  bertransmisi manual.fungsi utama dari kopling ini adalah untuk menghubungkan tenaga mesin ke transmisi  dan mengurangi putaran mesin saat akan dilakukan perpindahan gigi transmisi, agar gigi transmisi bisa masuk dengan mudah.
 kopling
Gambar sistem kopling

Syarat utama dari kerja sistem kopling adalah :

  1. Mampu menghubungkan tenaga mesin ke transmisi dengan lembut dalam berbagai kondisi pengendaraan.
  2. Mampu meneruskan tenaga yagn dihasilkan mesin secara optimal  tanpa ada selip dari kopling, yang akan terasa menurukna tenaga mesin
  3. Harus dapat memutuskan dan menghubungkan tenaga dari mesin ke transmisi dengan cepat kan tepat.

Komponen-komponen dari sistem kopling adalah:

  1. Pedal kopling
  2. Master kopilng
  3. Release kopling
  4. Release fork
  5. Release bearing
  6. Disc cluth (kampas kopling)
  7. Cover cluth(matahari)
  8. Pilot bearing
  9. Flywheel
Pedal kopling
Fungsinya untuk merubah gaya tekanan dari pengemudi untuk diteruskan kedalam master kopling
Master kopling
Fungsi utamanya adalah meneruskan tenaga dari pedal kopling ke release kopling, dalam master kopling ini terdapat seal atau perapat karet yang mencegah minyak kopling tidak bocor, dan reservoir atau penampung minyak rem juga ditempatkan disana.
Release kopling
Release kopling menerima tekanan dari  master kopling dan meneruskan kedalam garbu pembebas melalui push rod untuk mendorong maju dan membebaskan  kopling, sama hal nya dengan master kopling didalam release kopling ini juga terdapat perapat untuk mencegah kenocoran minyak kopling.
Garbu pembebas
Menerima gaya tekan dari release kopling, garbu pembebas ini dihubungkan dengan release bearing yang akan bergerak maju mundur menekan cover cluth dan membebaskan putaran dari kampas kopling.
Release bearing
Merupakan sebuah bantalan yang fungsinya untuk menekan pelat pegas pada tutup kopling, release bearing bisa berputar untuk melakukan pengereman putaran pada tutup koplinng
Cover cluth (tutup kopling)
Fungsinya sebagai dudukan kampas kopling dan menekan kampas kopling ke fly wheel untuk meneruskan tenaga dari mesin.
Kampas kopling
Meneruskan tenaga dari mesin ke transmisi, berbentuk piringan yang terbuat dari bahan asbes, kampas kopling harus diganti bilan mana keausan sudah terasa.
Fly wheel
Atau disebut juga roda gila, komponen ini meneruskan tenaga dari mesin yang selanjutnya diteruskan ke transmisi melalui kampas kopling.
Beberapa problem yang berkaitan dengan kopling:
  1. Pedal kopling berat, penyebab, kampas rem sudah habis dan cover cluth sudah aus pada diaprgahma spring, perbaikan harus ganti kampas kopling.
  2. Kopling selip, penyebab kampas kopling sudah habis atau tingkat keausan kampas kopling sudah tinggi. Tidak bisa meneruskan tenaga mesin dengan maksimal akibatnya kendaraan tarikannya kurang, harus ganti kampas kopling set
  3. Gigi sulit masuk, gigi transmisi sulit masuk bisa disebabkan karena putran mesintidak terreduksi degnan baik oleh kopling hal ini bisa disebabkan kampas kopling sudah aus, atau ada kebocoran pada saluran kopling, jika ada kebocoran maka tenaga yag dikirimkan pedal tidak bisa maksimal mendorong push rod pada garbu pembebas dan gerakan garbu pembebas hanya sedikit, tidak mampu membebaskan kopling dari plat penekan dapa cover cluth, perbaikan ganti kampas kopling atau pebaiki jika ada kebocoran pada master kopling atau release kopling.
  4. Kopling bunyi saat di injak, penyebab, bagian dalam pada garbu pembebas yagn berupa tumpuan kering biasa hal ini cukup diberikan pelumas, namun jika masih belum hilang harus bongkar kopling set.
Beberapa hal  diatas adalah tentang fungsi kopling dan berbagai masalah yang mungkin bisa ditimbulkan dari sistem kopling dan juga penyebabnya untuk menjaga agar kopling ini bisa lebih awet, diharapkan tidak mengemudikan kendaraan dalam posisi setengah kopling, artinya terbiasa dengan menekan pedal kopling separo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar